Pekerjaan secara umum didefinisikan sebagai sebuah kegiatan aktif yang dilakukan oleh manusia. Dalam arti sempit, istilah pekerjaan digunakan untuk suatu tugas atau kerja yang menghasilkan sebuah karya bernilai imbalan dalam bentuk uang bagi seseorang. Dalam pembicaraan sehari-hari istilah pekerjaan dianggap sama dengan profesi.
Pekerjaan yang dijalani seseorang dalam kurun waktu yang lama disebut sebagai karier.Seseorang mungkin bekerja pada beberapa perusahaan selama kariernya tapi tetap dengan pekerjaan yang sama.
Berikut adalah Tips Tips Cara Mencari Lowongan Kerja Yang Baik.
- Perbanyak data tentang informasi lowongan kerja. Data yang banyak itu kemudian anda filter sesuai dengan pengalaman, keterampilan, minat, latar belakang pendidikan, dan berbagai prefensi yang anda kehendaki. Fokuskan perhatian pada 2 atau 3 lowongan yang paling realistis bagi diri anda.
- Pastikan bahwa data lowongan kerja itu masih Update. Cermati tanggal pemuatan iklan tersebut untuk pertama kali, dan tentu saja lihat deadline-nya. Kalau sudah dipublikasikan agak lama mungkin lowongan itu sudah ditempati orang lain.
- Sertakan informasi tentang tanggapan balik, khususnya alamat surat/email dan nomor telepon yang setiap saat bisa dihubungi. Dapat juga digunakan alamat surat biasa.
- Carilah informasi tentang Tempat anda melamar kerja. Terutama informasi tentang bidang usaha, skala usaha, siapa pemiliknya, di mana saja cabang-cabangnya, dll. Perhatikan secermat mungkin company profile perusahaan tersebut. Semakin lengkap informasi yang bisa anda gali, semakin baik bagi anda. Gunakan informasi itu sebagai bahan untuk mempersiapkan diri menghadapi tahap wawancara, jika suatu saat mendapat panggilan.
- Cari tahu keberadaan perusahaan di sumber informasi lain, misalnya buku telepon. Periksalah dengan hati-hati, apakah perusahaan itu resmi terdaftar atau tidak. Jangan sampai anda ditipu Oleh Pihak yang tidak bertanggung Jawab
- Tampilkan secara detail kualifikasi dan karakter diri anda; mencakup latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, pengalaman organisasi, serta specific skills yang anda miliki. Makin spesifik keterampilan yang anda miliki makin besar peluang anda untuk mendapatkan perhatian para pencari tenaga kerja.
- Kalau tidak ada limitasi (pembatasan) tentang space yang anda pakai, gunakanlah semaksimal mungkin. Uraikan secara rinci apa yang harus anda ceritakan tentang keterampilan anda. Tetapi kalau ada pembatasan ruang, manfaatkan secara optimal dengan hanya merinci hal-hal penting, tetapi tetap memiliki nilai spesifik. Dengan kata lain, pergunakanlah kesempatan itu untuk membuat anda lebih menonjol dibandingkan para pencari kerja yang lain.
Lowongan kerja yang paling banyak diinginkan orang Indonesia rata-rata
adalah PNS, dan pegawai BUMN. Anggapan mereka mungkin karena jadi
pegawai negeri atau pegawai BUMN gajinya stabil dan terjamin.
Tapi bagi sebagian orang lagi lowongan kerja banyak sekali, tidak terbatas pada
pekerjaan kantoran atau kerja di pabrik dan perusahaan swasta lainnya.
Dalam bisnis pun orang bekerja, berjualan pun peluang kerja, bahkan jika
ada peluang untuk bekerja di rumah sendiri pun misalnya dengan
menjalankan bisnis internet, itu juga lowongan kerja.
Sekian dari saya... Wasslamu alaikum Warahmatullahi Wabarakau. :))
0 komentar:
Post a Comment